Peran Penting Mahasiswa dalam rangka PKKMB STIKes Flora TA 2017-2018

Posted on: 9 September 2017

STIKes Flora - Kata “MAHASISWA”. merupakan pelaku karena memiliki potensi yang besar sebagai agen perubahan. Mahasiswa kami definisikan di sini sebagai segmen pemuda yang tercerahkan karena memiliki kemampuan intelektual. Di sini kami tidak membicarakan mahasiswa sebagai orang yang faham teknologi, faham ilmu-ilmu sosial, atau ilmu-ilmu kesehatan namun kami mengartikan mahasiswa sebagai orang yang memiliki kemampuan logis dalam berfikir sehingga dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Peran mahasiswa sebagai Agent of Change : Salah satu bentuk optimalisasi “Sebagai agen perubahan, mahasiswa tidak hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Sikap kritis mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar. Sadar atau tidak, telah banyak pembodohan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemimpin bangsa ini. Kita sebagai mahasiswa seharusnya berpikir untuk mengembalikan dan mengubah semua ini. Perubahan yang dimaksud tentu perubahan kearah yang positif dan tidak menghilangkan jati diri kita sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia. Namun untuk mengubah sebuah negara, hal utama yang harus dirubah terlebih dahulu adalah diri sendiri. Mahasiswa diharapkan tidak menjadi mahasiswa yang pragmatis, menerima apa adanya tetapi tidak memperhatikan keadaan yang semakin rusak, hanya menerima teori, hanya pintar beretorika di kelas dan kampus saja, bicara ini dan itu namun kemudian tidak mempunyai aksi nyata dan konkrit. Visi dan aksi menjadi tolak ukur dari sebuah gerakan mahasiswa. Tidak kemudian hanya menjadi penggagas melainkan menjadi aktor atau pelaku perubahan.

Peran mahasiswa sebagai Social Control : “Hari ini korupsi semakin memprihatinkan, hukum bisa dibeli, biaya pendidikan yang mahal, serta berbagai persoalan lainnya. Tentu hal ini tidak dirasakan bagi mereka yang berkantong tebal, akan tetapi golongan menengah kebawah sangat merasaknnya. Inilah mengapa kita sebagai mahasiswa harus bertindak serta berperan aktif dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki. Untuk itu kita harus mengoptimalkan Peran sebagai mahasiswa yakni sebagai social control. Peran ini terjadi ketika ada hal yang tidak beres atau ganjil dalam masyrakat. Mahasiswa sudah selayaknya memberontak terhadap kebusukan-kebusukan dalam birokrasi yang selama ini dianggap lazim. Entah itu dibrokrasi kampus yang dianggap tidak adil terhadap mahasiswa maupun kabusukan-kebusukan birokrasi dimasyarakat. Lalu jika mahasiswa acuh dan tidak peduli dengan lingkungan, maka harapan seperti apa yang pantas disematkan dalam pundak mahasiswa?
Kita sebagai mahasiswa seharusnya menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang peduli terhadap masyrakat karena kita adalah bagian dari mereka. Kepedulian tersebut tidak hanya diwujudkan dengan DEMO atau turun kejalan saja. Melainkan dari pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, diskusi-diskusi, atau memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat dan bangsa kita. Sekali lagi bentuk optimalisasi kita sebagai mahasiswa dapat diwujudkan dengan mengedepankan visi dan aksi. Visi dan aksi menjadi tolak ukur dari peran mahasiswa.

Peran mahasiswa sebagai Iron Stock : Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki kemampuan, ketrampilan, dan akhlak mulia untuk menjadi calon pemimpin siap pakai. Menurut  kami mahasiswa itu merupakan asset, cadangan, dan harapan bangsa untuk masa depan. Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi yakni era reformasi. Namun realita menunjukan era ini masih jauh dari tujuan kita sebagai bangsa. Untuk itu kita sebagai generasi baru harus mampu membawa bangsa ini kearah yang lebih baik. Mahasiswa sebagai iron stock berarti mahasiswa seoarang calon pemimpin bangsa masa depan yang akan menggantikan generasi yang telah ada, sehingga tidak cukup hanya dengan memupuk ilmu spesifik saja yang didapatkan di dalam kampus. Perlu adanya soft skill seperti Leadership, kemampuan memposisikan diri, dan sensitivitas yang tinggi.

Untuk itu bangsa ini masih menaruh harapan kepada mahasiswa, ditangan mahasiswalah yang dapat mengubah bangsa kearah yang lebih baik, kitalah generasi baru. tanpa kita sadari di bumi Indonesia kini telah tumbuh suatu lapisan baru pemuda-pemuda, pemudi-pemudi Indonesia, kitalah yang dijadikan generasi yang akan memakmurkan Indonesia.

Kitalah Lapisan Generasi Baru …Yang Akan ku Mulai di Kampus ini (STIKes Flora),

Selamat Datang Kami Ucapkan,.. bagi adik-adik Mahasiswa baru STIKes Flora, berdiri tegaklah, berjuanglah dan raih cita-citamu..
Hidup mahasiswa. . !! Hidup Mahasiswa. .!!
Hidup Mahasiswa ..!! Hidup Rakyat Indonesia…!!!

 

 

 

 

Versi cetak

Berita Terkait