Kemristekdikti Kembangkan Konektivitas Jaringan IdREN

Posted on: 4 December 2017

STIKes Flora - Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) bekerja sama dengan PT Telekomunikasi mengembangkan konektivitas jaringan dan layanan Indonesian Research and Education Network (IdREN). Hal itu dilakukan untuk memperluas cakupan keterlibatan institusi akademik dengan riset.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Rina Indiastuti menjelaskan, IdREN merupakan jaringan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan pendidikan tinggi (PT).

“Misalnya kegiatan PT misalnya, riset dan kolaborasi riset internasional, melalui jalur privat yang terhubung ke global REN (Research Education Networks),” kata Rina melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (23/11).
 
Dia menyatakan saat ini jumlah Perguruan Tinggi yang telah terkoneksi melalui IdREN telah mencapai 36 PT, dan masih dalam antrian koneksi lapisan link fisik mencapai 84 PT. Menurut dia, PT yang terkoneksi tersebut memiliki kemampuan sumber daya teknologi informasi yang sangat bervariasi.
 
“IdREN akan menyukseskan peran digital perguruan tinggi dalam meningkatkan proses pembelajaran serta menciptakan lulusan yang berwawasan teknologi,” tegas dia.
 
Rina mengungkapkan, pemanfaatan jaringan ini, tidak hanya diperuntukkan perguruan tinggi saja, tapi juga terbuka untuk kegiatan pendidikan dan riset, oleh lembaga-lembaga terkait dengan sumber daya pendidikan dan riset. Saat ini pun, koneksi jaringan dan integrasi layanan bisa diakses di lembaga nasional, seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

IdREN, lanjut Rina, merupakan inisiatif lanjutan dari INHERENT yang telahdibangun bersama oleh UI, ITB, UGM, UB, dan ITS pada tahun 2006 sampai dengan 2013. Serta didukung oleh operator nasional jaringan yaitu PT. Telkom Indonesia dan telah beroperasi sejak 2015.

Baca juga : 

Mewujudkan Jaringan Akademisi Melalui IdREN

Versi cetak

Berita Terkait