8 Skema Pendanaan Riset BRIN 2024, Pendaftaran Buka Sepanjang Tahun

Posted on: 20 February 2024



Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali membuka Pendanaan Riset dan Inovasi Tahun 2024. Disampaikan lewat unggahan Instagram resmi @brin_indonesia, ada beberapa perubahan dalam pendanaan tahun ini.

Direktur Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN Ajeng Arum Sari mengatakan, pendaftaran Pendanaan Riset dan Inovasi 2024 akan dibuka sepanjang tahun. Peneliti yang tertarik bisa mendaftarkan diri melalui https://pendanaan-risnov.brin.go.id/pendanaan 

"Kegiatan launching ini sekaligus menandai penerimaan proposal atau Call for Proposal bagi skema-skema pendanaan tersebut. Hal yang membedakan dengan tahun lalu adalah skema-skema ini akan dibuka sepanjang tahun," kata Ajeng dalam laman resmi BRIN dikutip Senin (19/2/2024).

Untuk menjadi ketua tim periset, pelamar harus berpendidikan S3, maksimal terlibat dalam dua usulan proposal, dan memiliki rekam jejak yang sesuai dengan kegiatan yang diusulkan.

Kemudian, bagaimana skema Pendanaan Riset dan Inovasi 2024? Simak penjelasannya berikut ini.
8 Skema Pendanaan Riset dan Inovasi BRIN 2024
1. RIIM Kompetisi

Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Kompetisi adalah pendanaan riset untuk mencari kebaruan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpotensi dikembangkan lebih lanjut. Pendanaan RIIM ini menerima semua bidang kecuali bidang-bidang yang sudah masuk ke dalam tema di skema RIIM Ekspedisi atau RIIM Invitasi Strategis.
2. RIIM Ekspedisi

RIIM Ekspedisi adalah pendanaan riset untuk menghasilkan data dan/atau koleksi ilmiah dalam rangkaian penyelidikan lapangan secara ilmiah untuk mendapatkan rekaman data dan/ atau koleksi ilmiah. Tema yang dibuka pada RIIM Ekspedisi adalah Ekspedisi dan Eksplorasi Keragaman Masyarakat dan Budaya Indonesia.
3. RIIM Startup

RIIM Startup ditujukan untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang baik bagi pengembangan startup atau perusahaan pemula. Hasil akhir skema RIIM Startup adalah menghasilkan startup rintisan berbasis hasil riset yang berhasil lulus menjadi perusahaan profit dan berkelanjutan.
4. RIIM Invitasi

RIIM Invitasi adalah pendanaan yang diberikan kepada intitusi/lembaga riset baik pemerintah maupun non pemerintah dengan tema yang ditentukan oleh penyelenggara RIIM Invitasi dan/atau usulan dari Kementerian/Lembaga/Badan Usaha.
5. RIIM Kolaborasi

RIIM Kolaborasi merupakan skema yang dibuka secara khusus berdasarkan kerja sama antara BRIN dengan negara mitra dan/atau lembaga pendanaan dari dalam negeri dan/atau luar negeri. Sema ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi riset nasional antara periset Indonesia dan kolaborasi riset internasional antara periset Indonesia dengan periset dari negara lain.
6. Pusat Kolaborasi Riset (PKR)

Skema Pusat Kolaborasi Riset adalah pendanaan yang diberikan kepada institusi/lembaga yang mengembangkan pusat kolaborasi riset dan inovasi pada bidang spesifik secara multi dan interdisiplin ilmu yang dapat bereputasi internasional. Pengusul adalah perguruan tinggi dengan rekam jejak di Pusat Riset BRIN.

7. Pengujian Produk Inovasi Pertanian

Skema RIIM Pengujian Produk Inovasi Pertanian merupakan program untuk pengujian produk inovasi pertanian, peternakan, dan perikanan.
8. Pengujian Produk Inovasi Kesehatan

Terakhir, Skema Pengujian Produk Inovasi Kesehatan merupakan skema pengujian dari BRIN sebagai penanggung jawab skema dan sponsor bersama industri pengusul untuk melakukan pelaksanaan pengujian praklinik atau uji klinik atas kandidat produk inovasi kesehatan yang akan diedarkan.




Versi cetak

Berita Terkait

Hai STIkes Flora